Rekomendasi Game Android Ramah Anak

Rekomendasi Game Android Ramah Anak

Zaman sekarang, anak-anak hampir tidak bisa dipisahkan dari smartphone terutama dari game. Sayangnya, tidak semua game android ramah terhadap anak-anak terutama yang masih berusia sekolah dasar. Padahal menurut beberapa penelitian bermain game justru bisa dijadikan sebagai salah satu sarana pembelajaran yang efektif. Oleh sebab itu, daripada tidak mengizinkan anak bermain game sama sekali ada baiknya kalian memilih game-game edukasi seperti yang ada di artikel ini.

5 Game android terbaik untuk edukasi anak-anak

Rekomendasi Game Android Ramah Anak

Sebenarnya di Playstore kalian bisa menemukan banyak sekali game ramah anak yang bisa diunduh baik secara gratis maupun berbayar. Namun, tidak semua dari kalian mana game yang bagus serta mendidik dana mana yang tidak. Oleh sebab itu berikut 5 rekomendasi game edukasi yang cocok dimainkan anak-anak.

  1.   Game edukasi anak: All in 1

Dilihat dari namanya, game ini jelas merupakan game buatan Indonesia sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang bahasa atau materi yang diajarkan. Game ini sangat cocok dimainkan bersama dengan anak-anak berusia pra sekolah karena dalam game tersebut diajarkan beberapa materi dasar seperti pengenalan huruf, angka dan sebagainya. Yang lebih menggembirakan lagi, game ini bisa diunduh secara gratis di Playstore.

  1.   ABS Preschool Playground Free

Jika sebelumnya adalah game dengan Bahasa Indonesia maka game ini akan mengajarkan anak-anak pelajaran dasar menggunakan Bahasa Inggris. Dalam game ini anak-anak akan dilatih untuk berpikir dan bersikap kreatif dengan beberapa fitur yang dimilikinya seperti menggambar, mewarnai, menghafal huruf dan sebagainya.

  1.   Trains, Cars & Games for Kids

Di game ini anak-anak akan dilatih kemampuan motoriknya dengan cara mengenali beberapa objek yang ada di sekitarnya. Tidak hanya satu jenis game saja, penegmbang game ini juga menciptakan 15 jenis game serupa yang memiliki pembelajaran sendiri-sendiri. Mengingat fitur yang dimilikinya sangat sederhana, game ini lebih tepat untuk dimainkan oleh anak-anak yang berusia antara 2-4 tahun.

  1.   Fishing for Kids

Sesuai dengan namanya, game ini akan mengajarkan anak-anak tentang hewan-hewan laut yang sulit dijumpai sehari-hari. Cara bermainnya juga sangat seru karena menjadikan ikan-ikan berukuran kecil sebagai target. Game ini diharapkan bisa meningkatkan fokus serta daya nalar anak-anak.

  1.   Belajar Membaca Lancar

Nah, kalau game ini pasti cocok untuk anak-anak yang belum lancar membaca. Isi game ini cukup mudah dipahami karena berisi pengenalan huruf vokal dan konsonan serta berbagai suku kata. Oleh sebab itu, game ini nampaknya akan sangat sesuai dimainkan oleh anak-anak berusia 5-7 tahun.

Tips memilih game untuk anak

Game Android Ramah Anak

Meskipun banyak game anak yang tersedia tapi perlu kalian ketahui jika tidak semua game tersebut cocok dimainkan oleh anak-anak dari segala usia. Kalian perlu memperhatikan materi pembelajaran serta grafik visual yang diberikan. Hal tersebut memang tidak mudah sehingga sebelum memilih game yang tepat kalian  sebaiknya kalian membaca tips dibawah ini lebih dulu.

  1.   Pilih game dengan resolusi baik

Game mobile cenderung lebih disukai anak-anak karena lebih mudah dimainkan serta bisa dibawa kemana-mana. Namun, hal tersebut perlu mendapat perhatian khusus karena bisa membuat mata anak cepat lelah. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih game dengan resolusi yang tinggi agar anak-anak lebih nyaman bermain.

  1.   Game yang mengajarkan bahasa asing

Semakin muda usia anak maka akan semakin mudah untuk belajar dan menyerap kata-kata baru terutama dari bahasa asing. Sebagai permulaan kalian bisa memberikan game yang memiliki sedikit bahasa asing agar anak terbiasa dan mulai belajar. Namun, perlu juga diperhatikan soal materi yang diberikan dengan umur anak. Jika anak sudah bertambah besar maka sebaiknya kata-kata tersebut juga ditambah.

  1.   Berikan game yang membutuhkan strategi

Game yang membutuhkan strategi secara tidak langsung akan melatih daya berpikir anak-anak. Namun, kalian sebaiknya menyesuaikan dengan usia anak. Akan lebih bagus lagi jika terdapat karakter-karakter yang mengajarkan tentang kebiasan sehat seperti mencuci tangan dan sebagainya.

  1.   Game yang berisi pengetahuan umum

Bagi anak-anak yang berusia diatas 9 tahun tentu sebaiknya dipilih game yang memiliki pengetahuan umum. Tidak selalu hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah tapi sebaiknya pilih yang sekiranya berguna di kehidupan sehari-hari.

  1.   Game yang mengandung teka-teki

Selain mengasyikan, bermain teka-teki sebenarnya bisa mengasah otak anak juga lho. Akan tetapi sebaiknya pilih teka-teki yang sekiranya disukai oleh anak-anak sehingga anak-anak merasa tertantang.

Meskipun banyak yang beranggapan game membuat anak malas belajar tapi sebenarnya jika diawasi secara tepat game justru bisa menjadi sarana belajar yang efektif terutama di saat musim sekolah daring seperti sekarang. Game edukasi selain menghibur juga bisa melatih kreativitas dan daya pikir anak. Sayangnya, masih banyak game edukasi menarik yang tidak ada di Playstore sehingga kalian harus mengunduhnya di pihak ketiga seperti lautpoker. Situs tersebut merupakan salah satu situs yang sudah berpengalaman sehingga sangat aman untuk tempat mengunduh game-game yang tidak ada di Playstore.